peluang usaha

Persiapan Menghadapi Ulangan atau Ujian

Kenapa harus ada ujian atau ulangan           
Kita belajar tujuannya untuk mendapatkan ilmu. Melalui ilmu kita akan memperoleh
pengetahuan dan ketrampilan baru yang bermanfaat untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Pengetahuan dan ketrampilan baru akan selalu kita peroleh selama kita mengikuti dengan baik kegiatan belajar, baik yang diselenggarakan di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
Untuk mengukur tingkat keberhasilan kita dalam menyerap ilmu maka ada tahap evaluasi yang biasanya diselenggarakan oleh guru atau sekolah secara berkala, yaitu berupa ujian atau ulangan.

peluang usaha
Setiap berakhir pembahasan satu materi pelajaran tertentu biasanya akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui apakah kalian bisa menyerap pela-jaran tersebut dengan baik atau tidak. Untuk itu perlu kiranya kalian mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar kalian berhasil di dalam menghadapi setiap ujian atau ulangan. Terlebih lagi ujian atau ulangan itu dilakukan dalam setiap akhir pembahasan satu materi,maka kalian akan lebih mudah mempersiapkannya karena kalian hanya berkonsentrasi pada satu materi tertentu saja. Selain itu jika kalian bisa menguasai pelajaran setahap demi setahap dengan baik, maka kalian tidak perlu bekerja keras untuk menghadapi ujian di akhir semester. Coba kalian bayangkan, seandainya kalian tidak bisa berhasil dengan baik dalam menghadapi setiap ulangan harian maka berapa waktu dan tenaga kita yang harus diluangkan untuk menyiapkan diri menghadapi ujian semesteran? Itupun kalian belum tentu bisa menguasainya dengan baik. Cara belajar dengan istilah SKS atau sistem kebut semalam adalah kebiasaan yang harus kalian tinggalkan seandainya kalian ingin sukses di dalam belajar kalian.


Ada beberapa strategi yang bisa kalian lakukan untuk menghadapi ulangan atau ujian di sekolah, yaitu:
  • Melakukan belajar mandiri, yaitu belajar sendiri tanpa bersama orang lain. Belajar mandiri ini keuntungannya kita bisa mengatur sendiri waktu belajar kita tidak bergantung dengan orang lain. Selain itu kalian bisa belajar dengan metode pendekatan yang sesuai dengan kemampuan diri kalian sendiri. Misalkan kalian adalah tipe pelajar yang sulit berkonsentrasi dalam rentang waktu yang cukup lama dan mudah bosan, kalian bisa melakukan belajar dengan rentang waktu yang pendek tetapi dilakukan dengan frekwensi yang banyak. Misalkan kalian meluangkan waktu belajar setiap harinya sebanyak empat kali dengan kurun waktu setengah jam atau tiga per empat jam setiap kali belajar. Beberapa metode belajar mandiri yang bisa kalian lakukan, antara lain:
  1. Selalu mengulang/mempelajari kembali materi yang diberikan sepulang dari sekolah.
  2. Membuat ringkasan atau catatan materi yang telah diajarkan.
  3. Membuat metode menghafal yang memudahkan kalian untuk mengingat. Tidak setiap orang memiliki metode yang sama untuk menghafal. Ada yang memakai singkatan, ada yang memakai istilah-istilah lucu atau cara-cara lain yang memudahkan kalian untuk mengingat kembali.
  • Melakukan belajar kelompok bersama teman-teman. Cara ini akan efektif jika masing-masing mempersiapkan diri sebelum melakukan kegiatan belajar bersama dan disiplin sehingga tidak mengarah pada aktivitas ajang ngobrol semata. Keuntungan dari belajar kelompok ini adalah kalian bisa bersemangat dan tidak cepat bosan karena bersama teman-teman yang lain dan bisa bertanya langsung kepada teman yang kalian jika kalian tidak memahami satu bahasan tertentu.
  • Mengikuti les privat mungkin menjadi salah satu strategi lain, apabila kalian membutuhkan bantuan yang lebih serius lagi. Dengan les privat kalian bisa belajar secara lebih intensif dan bisa melakukan berdiskusi pendalaman langsung dengan orang yang memiliki kapasitas di bidangnya.
          Ketiga metode belajar di atas bisa kalian kombinasikan dan disesuaikan dengan kondisi diri kalian masing-masing. Jika dengan belajar mandiri saja kalian sudah mampu mengu-asai materi pelajaran dan merasa cukup maka kalian tidak perlu menambahnya dengan belajar kelompok atau pun les privat. Namun jika kalian masih merasa tertinggal maka kalian bisa menambahnya dengan belajar kelompok bahkan dengan les privat. Dengan demikian kalian akan berhasil menghadapi setiap ulangan dan ujian pelajaran kalian.
 Tips belajar kelompok yang efektif
·    Tentukan tema materi yang disepakati sebelumnya.
·    Persiapkan diri dengan mempelajari atau paling tidak membaca materi yang akan dibahas.
·    Tunjuk salah satu di antara kalian untuk memimpin jalannya belajar kelompok.
·    Tunjuk salah satu orang yang mempresentasikan materi.
·    Buka ruang berdiskusi untuk memahami materi tersebut.
·    Cobalah mengerjakan bersama-sama satu soal sebagai bahan pengkajian.
·    Buatlah ringkasan dari hasil belajar kelompok kalian.
·    Ulangi kembali di rumah masing-masing, materi yng telah
    kalian pelajari bersama-sama tersebut.
Tugas Perorangan
  1. Apa yang kalian rasakan saat menghadapi waktu ujian/ulangan?
  2. Apakah kalian selalu mempersiapkan diri saat akan menghadapi ujian atau ulang-an? Bagaimana caranya?
  3. Apa yang kalian lakukan disaat tidak ada ulangan/ujian? Apakah kalian tetap belajar/melakukan hal ini?
  4. Apakah ada perlakuan khusus di orang tua, saat kalian sedang menghadapi masa ujian? Seperti apa bentuknya?
  5. Pernahkah kalian tidak menyiapkan diri sebelum menghadapi ulangan? Apa hasilnya?
  6. Apakah kalian pernah merasa jenuh saat berada di tengah-tengah musim ujian? Apa yang kalian lakukan?
  7. Apa yang kalian harapkan dari orang tua kalian, saat kalian sedang mengahadapi musim ujian?
  8. Apa respon orang tua kalian, saat nilai ujian kalian buruk?   
  9. Kendala apa yang kalian hadapi saat akan menghadapi ujian atau ulangan?
  10. Kepada siapa kalian menceritakan kesulitan kalian saat menghadapi ujian atau ulangan dan adakah saran yang diberikan kepada kalian?

1 komentar:

HIPNOTERAPI BANJARMASIN mengatakan...

tips yang menarik...terima kasih

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes